PENDAFTARAN BEASISWA S1 SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2017 UNTUK MADRASAH ALIYAH (MA) NAUNGAN PESANTREN MULAI 10 APRIL - 8 MEI 2017

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2017

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) kembali membuka Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Plt Direktur PD Pontren Imam Safei mengatakan bahwa PBSB merupakan salah satu upaya Kemenag memfasilitasi santri pondok pesantren yang ingin melanjutkan kuliah S1.




"Tahun ini, Kemenag menyediakan 270 kouta beasiswa yang akan disebar ke 13 Kampus," ujarnya di Jakarta, Rabu (05/04).

Ketiga belas kampus tersebut adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IPB, UPI Bandung, UIN Sunan Gunung Jati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UGM Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, ITS Surabaya, UNAIR Surabaya, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Alaudin Makasar, dan Universitas Cendrawasih Jayapura.

Menurut Imam, sasaran program ini adalah santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada tahun 2017 di Madrasah Aliyah (MA) naungan pesantren atau santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.

Ditempat terpisah, Kasubdit Santri Ainur Rofiq, mengatakan bahwa pendaftaran PBSB dibuka mulai tanggal 10 April - 8 Mei 2017. Sedangkan tes masuknya akan dilaksanankan tanggal 17 - 24 Mei 2017.

"Kami berharap pengelola Pondok Pesantren dapat menginformasikan peluang ini kepada para santrinya," ujar Ainur Rofiq.

PBSB sudah berjalan sejak tahun 2005. Saat itu, Kemenag baru menggandeng 2 perguruan tinggi, yaitu UIN Syarif Hidayatullah dan IPB. Sampai dengan saat ini, PBSB sudah melahirkan ribuan alumni dalam berbagai bidang keahlian, mulai dari kesehatan (dokter), fisikawan, matematika, teknik, dan lainnya.

Alur Pendaftaran Beasiswa S1 Santri Berprestasi Tahun 2017 Untuk Madrasah Aliyah (MA) Naungan Pesantren, sebagai berikut:
1. Pesantren mengajukan pendaftaran.
2. Operator pusat melakukan verifikasi berdasarkan ijin operasional diinputkan oleh pesantren.
3. Ketika operator pusat telah memverifikasi data pesantren, maka pesantren akan menerima email notifikasi dari operator pusat.
4. Ketika verifikasi berhasil, maka pesantren dapat menginput data santrinya. Kemudian pesantren akan memperoleh no pendaftaran beserta password untuk login.
5. Santri login menggunakan
6. Kemudian santri mengisikan seluruh informasi yang diminta dan menekan tombol finalisasi.
7. Ketika operator k mendapatkan list melakukan finalisasi data dan siap untuk diverifikasi.
8. Operator kanwil akan melakukan verifikasi data pendaftar, dan mene jika kualifikasi pendaftar telah memenuhi syarat mendaftar PBSB.
9. Ketika operator kanwil telah melakukan validasi. Maka rekapitulasi pendaftar akan berubah. Operator pusat, Kanwil dan perguruan tinggi dapat melihat status pendaftar di laporan Provinsi.

Untuk info Alur Pendaftaran selengkapnya (Klik Disini)


Untuk keterangan lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dan bagaimana alur pendaftaranya, sila klik pranala berikut: LINK INFORMASI PENDAFTARAN PBSB 2017.


No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.